Laman

Today's note..

Sabtu, 26 November 2011

Kegunaan Internet dalam Bidang Psikologi

Siapa yang tidak tahu internet? Hampir seluruh manusia mengenal yang namanya internet. Karena banyak yang dapat kita manfaatkan dari internet, tidak hanya untuk chatting dan browsing tetapi internet bisa kita gunakan untuk mengerjakan tugas, berbisnis, hingga berkonsultasi.

Teknologi internet sudah dimanfaatkan dalam bidang psikologi dalam bentuk test sampai tempat konsultasi. Dengan internet juga kita dapat berbagi tentang ilmu-ilmu psikologi, kasus-kasusnya sampai penyelesaiannya.

Pada era yang serba canggih dan praktis ini, mengerjakan test-test psikologi sudah bisa kita lakukan kapanpun dan dimanapun kita berada dengan menggunakan internet. Test-test psikologi online sudah tersebar di dunia internet. Sehingga memudahkan kita untuk mencoba berbagai macam test yang ada. Contohnya di jejaring sosial facebook, kita dapat mengetahui watak, kepribadian, dll dari aplikasi yang tersedia disana. Namun hasilnya belum bisa sepenuhnya dikatakan benar, karena test yang disediakan di jejaring sosial tersebut masih sangat sederhana. Dan test-test psikologi itu setiap waktunya mengalami perubahan atau variasi agar orang-orang tidak melakukan test yang sama dalam waktu yang berbeda.

Keakuratan hasil test psikologi bisa dipengaruhi oleh mood atau kondisi tubuh seseorang pada saat itu. Namun jika dibandingkan antara test psikologi yang ada dalam internet dan test psikologi yang memang diadakan oleh para psikolog tentunya terdapat sedikit perbedaan. Alangkah baiknya jika kita ingin mengukur kemampuan kita, kepribadian, atau IQ kita langsung mendatangi para pakar psikologi yang memang menyelenggarakan test tersebut. Karena kalau kita hanya berpatokan pada test yang ada di internet, hasilnya pun masih diragukan kebenarannya. Karena bisa saja yang membuat test tersebut tidak ahli dalam bidang psikologi, melainkan hanya asal-asalan membuat test tersebut.

Jangankan hanya sekedar test, jika kita ingin berkonsultasi mengenai masalah-masalah yang kita miliki pun bisa menggunakan internet. Karena banyak psikolog-psikolog yang membuat situs khusus untuk berkonsultasi. Disana kita dapat bercerita dan mendapatkan solusinya. Kita bisa berkonsultasi kapanpun kita inginkan. Tidak perlu repot-repot langsung datang ke tempat konsultasi, kita hanya duduk tenang di depan komputer, laptop, bahkan handphone lalu kita juga bisa melakukan aktivitas lainnya.

Namun meskipun begitu mudahnya kita berkonsultasi, kurang afdol rasanya jika kita tidak bertatapan muka langsung dengan konsultannya. Karena para konsultan juga tidak hanya menilai masalah-masalah apa yang kita derita, tetapi menilai dari awal berhadapan sampai akhir pertemuan, seperti penampilan, gerak tubuh, ekspresi, dll bisa masuk dalam penilaian seorang konsultan. Dan jika bertemu langsung, diagnosa dan solusi dari sang konsultan juga akan lebih tepat.

Saya telah melihat suatu situs psikologi yang didalamnya terdapat artikel-artikel tentang psikologi, dari mulai psikologi anak sampai psikologi klinis. Lalu ada juga ruang untuk berkonsultasi, serta tes-tes psikologi. Coba anda buka www.e-psikologi.com .

Jika anda ingin berkonsultasi atau mengikuti berbagai macam tes yang tersedia, anda harus mendaftarkan diri sebagai member dari situs tersebut.

Selamat mencoba.. :)

sumber: www.e-psikologi.com

10 komentar:

  1. wah, ternyata udah banyak ya konseling online.
    mudah"an aja psikologi bisa lebih maju lagi dengan adanya inovasi" yang baru :)

    BalasHapus
  2. nah ini yang saya butuhkan :)

    BalasHapus
  3. iyaa.. jaman semakin maju sekarang. semuanya jadi lebih praktis. keren banget.. hahaha

    BalasHapus
  4. semoga dengan adanya itu orang2 galau bisa berkurang,haha :D eh itu lahan kita juga yah nanti ;)

    BalasHapus
  5. wah canggih banget.. boleh dicoba tuh.. :p

    BalasHapus
  6. vika: hahaha.. amin amin. lu harus coba tuh mak.. :p

    yurika: silahkaann :D

    BalasHapus
  7. wah bagus bagus.. makin maju aja dunia internet..

    BalasHapus